Menu Close

Sisilia, Mahasiswi SPWM dengan Bakat Menulis Puisi, Cerpen dan Desain Poster

Foto Sisilia Caroline, Mahasiswa SPWM Prodi S1 Keperawatan Semester 4

Perkenalkan Sisilia Caroline atau bisa disapa Sisil atau Lia salah satu Mahasiswa STIKes Panti Waluya Malang dari Prodi S1 Keperawatan Tingkat 2. Layaknya mahasiswa yang lain, Sisil setiap harinya datang ke kampus untuk belajar, praktikum dan mengikuti kegiatan mahasiswa yang dimiliki oleh kampus. Akan tetapi yang banyak tidak oleh teman-teman sekelasnya Sisil memiliki kemampuan menulis Puisi, Cerpen serta Desain Poster.

Kegemarannya menulis Puisi dan Cerpen dimuali sejak masih duduk dibangku sekolah menengah, diawali dengan membantu saudaranya menuliskan cerpen “kisah di sekolah”. Tulisan pertamanya itu mendapatkan apresiasi dari guru kelas sekolah saudaranya itu. Begitu juga dengan Puisi, Sisil mulai suka menulis saat mendapatkan tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia, karena Sisil menyadari bahwa ia memiliki kepribadian yang introvert sehingga semakin senang mengungkapkan perasaaanya melalui bait-bait puisi.  Sejak saat itu Sisil mulai mengasah bakatnya untuk mencoba tetap menorehkan penanya untuk terus mengasah bakatnya.

Lulus dari sekolah menengah, tidak mengurungkan bakatnya Sisil untuk tetap menulis. Di bangku kuliah Sisil terus mencoba menulis, salah satu karya puisi “Tepian Tatapan Senja” dirampungkan saat menjadi mahasiswi, dan melanjutkan puisi “Suka dan Duka Bersama” dan “Hampa Hatiku”. Sampai dengan hari ini Sisil sudah menuliskan 11 Puisi dan 3 cerpen.

Awal tahun 2024 Sisil mencoba untuk mengirimkan karya-karya untuk ikut serta dalam kompetisi lomba, dengan harapan untuk terus bisa berkembang dan terus belajar menulis, tidak hanya lomba puisi dan cerpen, sisil pun mengikuti lomba desain poster. Usaha, ketekunan, dukungan dan doa dari Sisil tidak mengkhianati hasilnya, Sisil berhasil meraih juara 3 lomba poster tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh prodi S1 Gizi Universitas Ahmad Dahlan, yang di selenggarakan pada tanggal 24 Januari 2024 dan Pengumuman hasil juara di umumkan pada tanggal 24 Febuari 2024 melalui Instagram gizi_ums dan melalui Webinar gizi UMS, melalui pengumuman tersebut Sisil berhasil meraih juara 3  tetapi tidak hanya poster saja, Sisil juga mengikuti perlombaan lainnya seperti membuat Poster Bhineka Tunggal Ika yang di selenggarakan pada tanggal 15 Februari 2024. yang dapat membuahkan hasil dapat menduduki juara 1.

Sisil juga mendapatkan kategori Penulis terbaik lomba puisi tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh Senja Kata pada tanggal 2 Januari 2024 dan pengumuman menang di umumkan pada tanggal 17 Januari 2024, dan Sisil mendapatkan kategori Penulis terbaik dari mengikuti lomba tersebut.

Pencapaian diatas,  tentunya tidak lepas dari usaha keras dan mempersiapkan cukup matang, Sisil juga mempelajari tentang pembuatan poster dan penulisan-penulisan yang baik dan benar melalui jurnal yang di pelajarinya, Sisil juga memiliki tujuan untuk mengikuti lomba-lomba ini untuk mengembangkan bakat yang Dia miliki, Sisil juga pada saat diwawancara Sisil juga mengatakan jika Dia dari waktu sekolah dulu sudah mulai mempelajari tentang pembuatan Poster dan mulai mencoba membuat Poster, kemudian mulai di kembangkan lagi dan mengikuti perlombaan ini. Berkat usaha yang keras  mulai dulu di tekuni sangat membuahkan hasil pada saat ini.

Foto Prestasi Sisil dalam Mengikuti Kompetisi Lomba

Pada saat di wawancara Sisil juga mengatakan jika selama mengikuti perlombaan ada kesulitan yang di alami seperti, Kesulitan dalam mengikuti lomba saat membagi waktu antara menuangkan gagasan / ide dengan tugas. Kemudian kesulitan untuk membuat puisi adalah memilih diksi kata dan makna setiap kata supaya pas dan juga nyambung di setiap makna dan ide judul yang terkadang bimbang. Sisil juga mengucapkan banyak terima kasih kepada STIKES Panti Waluya Malang, Bapak dan Ibu Dosen karena sudah mendukung untuk mengembangkan minat dan bakat, serta sudah membantu untuk mengembangkan potensi yang Dia miliki, terima kasih telah mensupport shingga dapat meraih juara tersebut. (JC/Humas SPWM).

STIKES PANTI WALUYA MALANG
Jalan Yulius Usman No. 62 Malang
Telp : 0341-369003
Email : [email protected]
Senin-Jumat 06:00 - 18:00 WIB